Sprites
1. Player
Untuk objek player kita nantinya kita akan membuat 4 ( empat ) buah sprites yang berbeda seperti gambar di atas. buatlah sprites dengan cara Klik Resources > Create Sprite
Buatlah 4 sprites dengan nama :
- D_right
Buatlah 4 sprites dengan nama :
- D_right
- D_down
- D_up
- D_left
- D_up
- D_left
Ubah semua originnya menjadi : Center
2. Tembok
Untuk dinding - dinding dalam game buatlah dua buah sprites seperti gambar berikut :
\
Dengan nama :
- obstacle
- wall
- obstacle
- wall
3. Bomb
Untuk bomb dan ledakannya buatlah dua buah sprites seperti gambar berikut :
Buatlah 2 sprites dengan nama :
- spr_bomb
- spr_bomb
- spr_explode_1
Ubah semua originnya menjadi : Center
4. Musuh
Terakhir untuk musuhnya buatlah sprites seperti gambar di bawah.
Berinama beast_1 kemudian atur Originnya menjadi : center.
Objects
Sekarang kita akan membuat objek yang akan ada dalam game bomberman kita. buatlah object dengan cara Klik Resources > Create Object
1. obj_effect_1
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
| fire_up=1 alarm[0]=15 |
Klik Add Event > Alarm > Alarm 0 > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
| instance_destroy() |
2. obj_wall
Berinama obj_wall pilih sprite : wall kemudian Centang pada bagian Visible dan Solid.
Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK
3. obj_obstacle
Berinama obj_obstacle pilih sprite : obstacle kemudian Centang pada bagian Visible dan Solid.
4. Bomber_armor
Buat sebuah object dengan nama Bomber_armor dengan sprite : D_Right.
Kemudian tambahkan event berikut :
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Klik Add Event > Keyboard > no key > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Klik Add Event > Key press > space > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Kemudian tambahkan event berikut :
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
global
.hp=100
bomb=1
bom = 1;
image_speed=0
global
.fire_up=1
bomb_out=1
if
keyboard_check(vk_up){
y-=3
sprite_index=D_up
image_speed = 0.4
draw_sprite_tiled(D_up,0,x,y)
direction=90
}
if
keyboard_check(vk_down){
y+=3
sprite_index=D_down
image_speed = 0.4
draw_sprite_tiled(D_down,0,x,y)
direction=270
}
if
keyboard_check(vk_left){
x-=3
sprite_index=D_left
image_speed = 0.4
draw_sprite_tiled(D_left,0,x,y)
direction=180
}
if
keyboard_check(vk_right){
x+=3
sprite_index=D_right
image_speed = 0.4
draw_sprite_tiled(D_right,0,x,y)
direction=0
}
if
bomb_out=1{
}
if
bomb_out+1{
repeat(bomb)
{
if
bomb_out>1 {
instance_count.bomb+=1
}
}
}
if
x <= 0 x = 0
if
x >= room_width x = room_width
if
y <= 0 y = 0
if
y >= room_height y = room_height
Klik Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK
Klik Add Event > Collison > obj_obstacle > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK
Klik Add Event > Keyboard > no key > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
if
keyboard_check(vk_nokey)
{
image_speed=0
}
Klik Add Event > Key press > space > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
if
bom > 0 {
instance_create(x,y,obj_bomb)
bom -= 1
}
5. obj_bomb
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
| image_speed=0.3 alarm[0]=30 |
Klik Add Event > Destroy > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
bom += 1.5
Klik Add Event > Alarm > Alarm 0 > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
if
global
.fire_up=1
{
instance_create(x,y,obj_effect_1)
instance_destroy()
}
else
if
global
.fire_up=2
{
instance_create(x,y,obj_effect_2)
instance_destroy()
}
6. obj_beast_a
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
move=
floor
(random(5))
image_speed=0.3
Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK
alarm[0]+=1
if
alarm[0]>=20{
move=
floor
(random(4))
alarm[0]=0
}
if
move=0{
image_speed=0.3
image_angle=270
y+=2
}
if
move=1{
image_speed=0.3
image_angle=90
y-=2
}
if
move=2{
image_speed=0.3
image_angle=180
x-=2
}
if
move=3{
image_speed=0.3
image_angle=0
x+=2
}
if
move=4{
x=x
y=y
image_speed=0
}
if
move=5{
x=x
y=y
image_speed=0
}
Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
if
x <= 0 x = 0
if
x >= room_width x = room_width
if
y <= 0 y = 0
if
y >= room_height y = room_height
Klik Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK
Klik Add Event > Collison > obj_obstacle > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK
Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK
Room
Buatlah sebuah room dengan cara klik Resources > Create Room. berinama room0 kemudian atur SnapX = 26 dan SnapY = 26
Sekarang coba anda jalankan game anda dengan cara tekan F5 atau klik Run > Run Normaly.
Tekan D untuk bom.
Sekarang coba anda jalankan game anda dengan cara tekan F5 atau klik Run > Run Normaly.
Tekan D untuk bom.