Sprites
1. Player
Untuk objek player kita nantinya kita akan membuat 4 ( empat ) buah sprites yang berbeda seperti gambar di atas. buatlah sprites dengan cara Klik Resources > Create Sprite
Buatlah 4 sprites dengan nama :
- D_right
Buatlah 4 sprites dengan nama :
- D_right
- D_down
- D_up
- D_left
- D_up
- D_left
Ubah semua originnya menjadi : Center
2. Tembok
Untuk dinding - dinding dalam game buatlah dua buah sprites seperti gambar berikut :
\
Dengan nama :
- obstacle
- wall
- obstacle
- wall
3. Bomb
Untuk bomb dan ledakannya buatlah dua buah sprites seperti gambar berikut :
Buatlah 2 sprites dengan nama :
- spr_bomb
- spr_bomb
- spr_explode_1
Ubah semua originnya menjadi : Center
4. Musuh
Terakhir untuk musuhnya buatlah sprites seperti gambar di bawah.
Berinama beast_1 kemudian atur Originnya menjadi : center.
Objects
Sekarang kita akan membuat objek yang akan ada dalam game bomberman kita. buatlah object dengan cara Klik Resources > Create Object
1. obj_effect_1
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
| fire_up=1alarm[0]=15 |
Klik Add Event > Alarm > Alarm 0 > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
| instance_destroy() |
2. obj_wall
Berinama obj_wall pilih sprite : wall kemudian Centang pada bagian Visible dan Solid.
Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK
3. obj_obstacle
Berinama obj_obstacle pilih sprite : obstacle kemudian Centang pada bagian Visible dan Solid.
4. Bomber_armor
Buat sebuah object dengan nama Bomber_armor dengan sprite : D_Right.
Kemudian tambahkan event berikut :
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Klik Add Event > Keyboard > no key > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Klik Add Event > Key press > space > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Kemudian tambahkan event berikut :
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
global.hp=100bomb=1bom = 1;image_speed=0global.fire_up=1bomb_out=1if keyboard_check(vk_up){ y-=3 sprite_index=D_up image_speed = 0.4 draw_sprite_tiled(D_up,0,x,y) direction=90}if keyboard_check(vk_down){ y+=3 sprite_index=D_down image_speed = 0.4 draw_sprite_tiled(D_down,0,x,y) direction=270}if keyboard_check(vk_left){ x-=3 sprite_index=D_left image_speed = 0.4 draw_sprite_tiled(D_left,0,x,y) direction=180}if keyboard_check(vk_right){ x+=3 sprite_index=D_right image_speed = 0.4 draw_sprite_tiled(D_right,0,x,y) direction=0}if bomb_out=1{}if bomb_out+1{ repeat(bomb) { if bomb_out>1 { instance_count.bomb+=1 } }}if x <= 0 x = 0if x >= room_width x = room_widthif y <= 0 y = 0if y >= room_height y = room_height
Klik Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK
Klik Add Event > Collison > obj_obstacle > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK
Klik Add Event > Keyboard > no key > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
if keyboard_check(vk_nokey){image_speed=0}Klik Add Event > Key press > space > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
if bom > 0 {instance_create(x,y,obj_bomb)bom -= 1}5. obj_bomb
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
| image_speed=0.3alarm[0]=30 |
Klik Add Event > Destroy > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
bom += 1.5
Klik Add Event > Alarm > Alarm 0 > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
if global.fire_up=1{instance_create(x,y,obj_effect_1)instance_destroy()}else if global.fire_up=2{instance_create(x,y,obj_effect_2)instance_destroy()}6. obj_beast_a
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
move=floor(random(5))image_speed=0.3
Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK
alarm[0]+=1if alarm[0]>=20{ move=floor(random(4)) alarm[0]=0}if move=0{ image_speed=0.3 image_angle=270 y+=2 }if move=1{ image_speed=0.3 image_angle=90 y-=2 }if move=2{ image_speed=0.3 image_angle=180 x-=2 }if move=3{ image_speed=0.3 image_angle=0 x+=2 }if move=4{x=xy=yimage_speed=0} if move=5{x=xy=yimage_speed=0}Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
if x <= 0 x = 0if x >= room_width x = room_widthif y <= 0 y = 0if y >= room_height y = room_height
Klik Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK
Klik Add Event > Collison > obj_obstacle > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK
Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK
Room
Buatlah sebuah room dengan cara klik Resources > Create Room. berinama room0 kemudian atur SnapX = 26 dan SnapY = 26
Sekarang coba anda jalankan game anda dengan cara tekan F5 atau klik Run > Run Normaly.
Tekan D untuk bom.
Sekarang coba anda jalankan game anda dengan cara tekan F5 atau klik Run > Run Normaly.
Tekan D untuk bom.










No comments:
Post a Comment